Sejarah

Sejarah Dinas Kominfo Persandian Statistik

Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Daerah (Diskominfopers) Provinsi Sulawesi Basat terbentuk berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 45 Tahun 2016 Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Sulawesi Barat. Sebelum Pergub ini, urusan Komunikasi dan Informatika berada di bawah Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika.

Dibentuknya Kominfopers Provinsi Sulawesi Barat juga dilatar belakangi olahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mana urusan komunikasi dan informatika serumpun dengan urusan persandian dan statistik, dan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Dengan perumpunan ini menimbulkan konsekuensi perubahan tugas dan fungsi kominfo sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo No. 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika dan Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 9 Tahun 2016 tentang Nomenklatur Perangkat Daerah Dan Unit Kerja Pada Perangkat Daerah Urusan Pemerintahan Bidang Persandian.

 

Sejak terbentuk, oleh perkembangan dinamika dan karena perubahan regulasi baik di tingkat pusat maupun daerah, Diskominfopers Sulbar telah tiga kali berubah kelembagaan. Perubahan tersebut  tidak menyeluruh tetapi hanya pada beberapa bagian.

 

Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik merupakan unsur pelaksana otonomi daerah yang melaksanakan Urusan di Bidang Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah.

Adapun tugas Diskominfopers Sulbar adalah melaksanakan perumusan, kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, pemantauan dan evaluasi urusan pemerintahan dibidang Kominfo meliputi Bidang Sarana Komunikasi dan Desiminasi Informasi, Bidang Tekhnologi Informasi, Komunikasi dan Statistik, Bidang Pelayanan E-Government dan Bidang Persandian.

Diskominfopers Sulbar menyelenggarakan fungsi : menyusun rencana daerah di bidang Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik berdasarkan rencana daerah dan nasional; perumusan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Teknologi Komunikasi Informasi, Persandian dan Statistik.

Peran Diskominfopers Sulbar menjadi sangat vital dalam kaitannya dengan perkembangan informasi dan teknologi yang saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0. Diskominfo pers Sulbar mendapat tambahan yang cukup berat setelah dengan adanyanya kebijakan satu peta indonesia, satu data indonesia dan juga regulasi terkait digitalisasi pemerintahan.

Kepala Dinas Pertama Diskominfopers Sulbar, Bapak Drs. H. Muzakkir Kulasse, MM. Menjabat sejak Januari 2017. Oktober 2019 sampai sekarang, Kominfopers dipimpin Bapak Safaruddin SDM, S.Sos., M.AP.

Dasar Regulasi:

  1. Pergub ….
  2. Pergub …